• SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA
  • Mutu Bersahabat

ISMUBA Sebagai Pembelajaran Holistik Integratif

Pembelajaran ISMUBA sebagai ciri khas sekolah Muhammadiyah menjadikan harapan bagi orangtua untuk mensekolahkan putra putrinya di sekolah Muhammadiyah. Harapan dengan banyaknya mata pelajaran ISMUBA di sekolah Muhammadiyah dirasa cukup untuk membekali para siswa memiliki keilmuan dan akhlak yang baik, menjadi tantangan tersendiri karena baik dan buruknya bukan berdasarkan banyaknya mata pelajaran yang sudah dipelajarinya, namun sejauh mana nilai-nilai Islam yang sudah diimplementasikan dalam kehidupan pribadi, keluarga, sekolah dan masyarakat.

Pembelajaran ISMUBA di sekolah Muhammadiyah merupakan pembelajaran yang transformatif, karena tidak saja memberikan bekal yang dapat diaplikasikan dalam berbagai kondisi melainkan juga harus mampu merubah diri pribadi dan masyarakatnya. Pembelajaran ISMUBA merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan agama dengan kehidupan nyata. Hal ini juga karena Pendidikan Muhammadiyah sejak awal didirikannya sudah menerapkan sistem dan praktik pendidikan holistik integratif yang menempatkan peserta didik sebagai subjek dan pusat dari proses pendidikan.

Pembelajaran holistik menekankan keutuhan pada diri peserta didik dan berasumsi bahwa setiap peserta didik memiliki potensi untuk berkembang. Pembelajaran holistik akan senantiasa mengembangkan hubungan antara peserta didik dengan lingkungannya. Pendidikan holistik integratif merupakan pendidikan yang mengintegrasikan segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan seperti moral, etis, religius, psikologis, filosofis dan sosial dalam kesatuan yang dilakukan secara menyeluruh antara jiwa dan badan. Pendidikan holistik integratif mencakup sistem dan praktik pendidikan yang selama ini juga dikembangkan dalam pendidikan Muhammadiyah, antara lain: 1) Keutuhan antara teori dan praktik; 2) Keutuhan dalam tujuan dan materi pembelajaran; 3) Keutuhan antara pendidikan formal dan non formal; 4) Kesatuan di antara berbagai pusat pendidikan (sekolah, keluarga, masyarakat dan masjid).

Peserta didik harus belajar utuh yaitu belajar ilmu agama dan ilmu umum, sehingga pendidikan Muhammadiyah melahirkan ulama-intelek dan intelek-ulama. Proses pendidikan juga merupakan perpaduan antara teori dan praktik dengan semboyan ilmu amaliah dan amal ilmiah yang maknanya bahwa pembelajaran teori harus dipadukan dengan praktik (realitas), sedangkan praktik harus senantiasa mendasarkan pada teori. Kegiatan pembelajaran juga dikembangkan dengan mengacu pada keutuhan dalam tujuan dan materi pembelajaran. Begitu juga dengan pendidikan formal dan non formal serta antara pendidikan di sekolah, keluarga, masyarakat dan masjid harus sejalan agar siswa Muhammadiyah memiliki keilmuan yang mumpuni dan akhlak yang baik.

Pendidikan Muhammadiyah mempunyai kultur pendidikan yang merupakan bentuk dari pendidikan holistik integratif yaitu: 1) Lingkungan pendidikan (Iman, Ilmu dan Amal); 2) Kurikulum (Ulama-Intelek, Intelek-Ulama; Ilmu-Amaliah, Amal-Ilmiah); 3) Etos Kerja (Siapa Menanam Mengetam); 4) Organisasi Penyelenggaraan (Mandiri dan Hidup-hidupilah Muhammadiyah, Jangan Mencari Hidup di Muhammadiyah). 

Pendidikan Muhammadiyah juga sebagai wahana penguatan ideologi dan kaderisasi Muhammadiyah. Upaya penguatan ideologi dan kaderisasi Muhammadiyah melalui proses pembelajaran ISMUBA dengan pendekatan kreatif, inovatif, menyenangkan,  dan  mencerahkan,  contextual teaching and learning. Di samping itu juga dilakukan penguatan internalisasi melalui ortom IPM, Tapak Suci, dan Hizbul Wathan.

ISMUBA sebagai Pembelajaran Holistik Integratif yaitu: Pertama, Kurikulum di Sekolah Muhammadiyah terdiri dari Kurikulum Nasional dan Mata Pelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab. Dengan begitu, sekolah Muhammadiyah memadukan antara ilmu umum dengan ilmu agama. Kedua, Ciri khas yang dimiliki sekolah Muhammadiyah adalah sebagai lembaga perkaderan yang mampu mencetak peserta didik menjadi kader persyarikatan, kader umat dan kader bangsa. Sekolah Muhammadiyah menekankan pada aspek pendidikan dari pada pengajaran. Sekolah Muhammadiyah sangat memperhatikan akhlak dan kepribadian peserta didik. Hal ini menjadi nilai plus bagi pendidikan di Sekolah Muhammadiyah itu sendiri. Ketiga, Sekolah Muhammadiyah dikenal dengan sekolah modern dalam hal manajemen sekolah yang disesuaikan dengan dinamika zaman. Sekolah Muhammadiyah sudah berdiri jauh sebelum kemerdekaan Indonesia, maka tidak mengherankan apabila saat ini banyak sekolah Muhammadiyah tersebar di seluruh Nusantara. Perkembangan yang luar biasa secara kuantitas baik sekolah, madrasah, pondok pesantren maupun perguruan tinggi menjadi kekuatan tersendiri bagi Muhammadiyah. Bahkan, Amal Usaha Muhammadiyah khususnya di bidang pendidikan secara kuantitas lebih banyak dari pada Organisasi/Lembaga Swasta yang lain.

Peluang yang dapat dikembangkan oleh sekolah Muhammadiyah yaitu memiliki sumber usaha sendiri sehingga terwujud sekolah yang mandiri melalui kewirausahaan dan bisnis. Sekolah Muhammadiyah juga mempunyai peluang untuk memiliki Program Unggulan di masing-masing sekolah, sehingga dapat menarik minat masyarakat dan menjadi ciri khusus bagi sekolah Muhammadiyah. Banyaknya peserta didik yang berprestasi juga dapat meningkatkan daya saing sekolah Muhammadiyah dengan sekolah-sekolah yang lain.

Setiap sekolah Muhammadiyah harus bertujuan untuk mengembangkan peserta didik secara utuh mencakup aspek-aspek intelektual, personal dan sosial. Tujuan tersebut akan tercapai apabila sekolah tidak hanya mengandalkan pada proses belajar mengajar formal sebagaimana dituntut oleh kurikulum, akan tetapi sekolah harus memaksimalkan aspek hidden curriculum berupa contoh keteladanan bagi peserta didik sebagai suatu kekayaan pendidik yang amat berharga. Keteladanan yang baik harus dimiliki oleh seluruh guru dan tenaga kependidikan sehingga semakin menguatkan pendidikan yang holistik integratif bagi peserta didik di sekolah Muhammadiyah.

 

 

Disusun Oleh : Fifin Permata Sari

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA GELAR AKSI DAN DOA BERSAMA DUKUNG PALESTINA

Selasa (06/05/2024) SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta menggelar aksi Dukung Palestina di halaman unit 1. Aksi dilaksanakan  secara serentak pada pukul 10.00 WIB sesuai himbauan dari Pi

12/05/2024 07:03 WIB - Administrator
PENGUMUMAN PPDB SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2024/2025 GELOMBANG 2

Berikut merupakan pengumuman resmi PPDB gelombang 2 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2024/2025.   Link >>DOWNLOAD<< 

02/05/2024 13:15 WIB - Administrator
TURNAMEN BOLA VOLI SMP/MTs SE DIY SMA Mutu Jogja

Ahad (25/02/2024) di Univ Mercu Buwana Yogyakarta dilaksanakan turnamen Bola voli. Acara Final dari SMP N 1 Playen Gunung Kidul melawan SMP N 2 Tempel, Sleman.Final berlangsung san

03/03/2024 09:32 WIB - Administrator
FINAL TURNAMEN SEPAKBOLA SMP/MTs SE DIY SMA Mutu Jogja

Selasa (27/02/2024), SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta menyelenggarakan turnamen Sepak Bola SMP/MTs SE DIY di lapangan UMY.Turnamen Sepak Bola bekerjasama dengan UMY sebagai tempat pelaksan

03/03/2024 09:02 WIB - Administrator
MONEF PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA

Monef Pembelajaran Berbasis Budaya (PBB) telah dilaksanakan.Bapak Bambang Purwanto Pengawas pembina SMK Dikmen Kota Yogyakarta sebagai pelaksana Monef yang ditemui oleh Manajemen Sekola

01/11/2023 19:48 WIB - Administrator
LOUNCHING MUGA BERMUTU

MBS Siti Chadijah SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang terletak di Jl. Ontoseno No. 14 Wirobrajan, Yogyakarta bersama SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta membuka boarding school "Muga Bermutu"

15/10/2023 16:25 WIB - Administrator
AUDIENSI KERJASAMA SMP MUGA DAN SMA MUTU TENTANG PROGRAM MBS SITI CHODIJAH

AUDIENSI KERJASAMA SMP MUGA DAN SMA MUTU TENTANG PROGRAM MBS SITI CHODIJAH. Audiensi dilaksanakan di Aula lantai 3 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan

14/09/2023 13:36 WIB - Administrator
WIROBRAJAN EXPO 2023

Wirobrajan, 26 -27 Agustus 2023, Gedung Muliguna Siti Chodijah SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta sebagai tempat Muhammadiyah Wirobrajan Expo 2023. Expo diikuti oleh 19 stand terdiri dari A

27/08/2023 09:02 WIB - Administrator
PELAJAR SMA DI DIY MENGIKUTI SELEKSI TIM NASIONAL SEPAK BOLA U 17 PUTRA INDONESIA DI JAKARTA

Salah satu pelajar SMA Muhammadiyah 7 di Daerah Istimewa Yogyakarta terpilih mengikuti SeleksiTim Nasional Sepak Bola U-17 Putra Indonesia. Ananda Achmad Zidan Arrosyid merupakan siswa

22/07/2023 16:15 WIB - Administrator
PENGUMUMAN KELULUSAN KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SURAT KEPUTUSANKEPALA SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTANomor : 467/III.4.AU.307/2023TentangKELULUSAN PESERTA DIDIK KELAS XIISMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTATAHUN PELAJARAN 2022/2023 Menimbang

03/05/2023 11:19 WIB - Administrator