• SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

ISMUBA Sebagai Pembelajaran Holistik Integratif

Pembelajaran ISMUBA sebagai ciri khas sekolah Muhammadiyah menjadikan harapan bagi orangtua untuk mensekolahkan putra putrinya di sekolah Muhammadiyah. Harapan dengan banyaknya mata pelajaran ISMUBA di sekolah Muhammadiyah dirasa cukup untuk membekali para siswa memiliki keilmuan dan akhlak yang baik, menjadi tantangan tersendiri karena baik dan buruknya bukan berdasarkan banyaknya mata pelajaran yang sudah dipelajarinya, namun sejauh mana nilai-nilai Islam yang sudah diimplementasikan dalam kehidupan pribadi, keluarga, sekolah dan masyarakat.

Pembelajaran ISMUBA di sekolah Muhammadiyah merupakan pembelajaran yang transformatif, karena tidak saja memberikan bekal yang dapat diaplikasikan dalam berbagai kondisi melainkan juga harus mampu merubah diri pribadi dan masyarakatnya. Pembelajaran ISMUBA merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan agama dengan kehidupan nyata. Hal ini juga karena Pendidikan Muhammadiyah sejak awal didirikannya sudah menerapkan sistem dan praktik pendidikan holistik integratif yang menempatkan peserta didik sebagai subjek dan pusat dari proses pendidikan.

Pembelajaran holistik menekankan keutuhan pada diri peserta didik dan berasumsi bahwa setiap peserta didik memiliki potensi untuk berkembang. Pembelajaran holistik akan senantiasa mengembangkan hubungan antara peserta didik dengan lingkungannya. Pendidikan holistik integratif merupakan pendidikan yang mengintegrasikan segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan seperti moral, etis, religius, psikologis, filosofis dan sosial dalam kesatuan yang dilakukan secara menyeluruh antara jiwa dan badan. Pendidikan holistik integratif mencakup sistem dan praktik pendidikan yang selama ini juga dikembangkan dalam pendidikan Muhammadiyah, antara lain: 1) Keutuhan antara teori dan praktik; 2) Keutuhan dalam tujuan dan materi pembelajaran; 3) Keutuhan antara pendidikan formal dan non formal; 4) Kesatuan di antara berbagai pusat pendidikan (sekolah, keluarga, masyarakat dan masjid).

Peserta didik harus belajar utuh yaitu belajar ilmu agama dan ilmu umum, sehingga pendidikan Muhammadiyah melahirkan ulama-intelek dan intelek-ulama. Proses pendidikan juga merupakan perpaduan antara teori dan praktik dengan semboyan ilmu amaliah dan amal ilmiah yang maknanya bahwa pembelajaran teori harus dipadukan dengan praktik (realitas), sedangkan praktik harus senantiasa mendasarkan pada teori. Kegiatan pembelajaran juga dikembangkan dengan mengacu pada keutuhan dalam tujuan dan materi pembelajaran. Begitu juga dengan pendidikan formal dan non formal serta antara pendidikan di sekolah, keluarga, masyarakat dan masjid harus sejalan agar siswa Muhammadiyah memiliki keilmuan yang mumpuni dan akhlak yang baik.

Pendidikan Muhammadiyah mempunyai kultur pendidikan yang merupakan bentuk dari pendidikan holistik integratif yaitu: 1) Lingkungan pendidikan (Iman, Ilmu dan Amal); 2) Kurikulum (Ulama-Intelek, Intelek-Ulama; Ilmu-Amaliah, Amal-Ilmiah); 3) Etos Kerja (Siapa Menanam Mengetam); 4) Organisasi Penyelenggaraan (Mandiri dan Hidup-hidupilah Muhammadiyah, Jangan Mencari Hidup di Muhammadiyah). 

Pendidikan Muhammadiyah juga sebagai wahana penguatan ideologi dan kaderisasi Muhammadiyah. Upaya penguatan ideologi dan kaderisasi Muhammadiyah melalui proses pembelajaran ISMUBA dengan pendekatan kreatif, inovatif, menyenangkan,  dan  mencerahkan,  contextual teaching and learning. Di samping itu juga dilakukan penguatan internalisasi melalui ortom IPM, Tapak Suci, dan Hizbul Wathan.

ISMUBA sebagai Pembelajaran Holistik Integratif yaitu: Pertama, Kurikulum di Sekolah Muhammadiyah terdiri dari Kurikulum Nasional dan Mata Pelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab. Dengan begitu, sekolah Muhammadiyah memadukan antara ilmu umum dengan ilmu agama. Kedua, Ciri khas yang dimiliki sekolah Muhammadiyah adalah sebagai lembaga perkaderan yang mampu mencetak peserta didik menjadi kader persyarikatan, kader umat dan kader bangsa. Sekolah Muhammadiyah menekankan pada aspek pendidikan dari pada pengajaran. Sekolah Muhammadiyah sangat memperhatikan akhlak dan kepribadian peserta didik. Hal ini menjadi nilai plus bagi pendidikan di Sekolah Muhammadiyah itu sendiri. Ketiga, Sekolah Muhammadiyah dikenal dengan sekolah modern dalam hal manajemen sekolah yang disesuaikan dengan dinamika zaman. Sekolah Muhammadiyah sudah berdiri jauh sebelum kemerdekaan Indonesia, maka tidak mengherankan apabila saat ini banyak sekolah Muhammadiyah tersebar di seluruh Nusantara. Perkembangan yang luar biasa secara kuantitas baik sekolah, madrasah, pondok pesantren maupun perguruan tinggi menjadi kekuatan tersendiri bagi Muhammadiyah. Bahkan, Amal Usaha Muhammadiyah khususnya di bidang pendidikan secara kuantitas lebih banyak dari pada Organisasi/Lembaga Swasta yang lain.

Peluang yang dapat dikembangkan oleh sekolah Muhammadiyah yaitu memiliki sumber usaha sendiri sehingga terwujud sekolah yang mandiri melalui kewirausahaan dan bisnis. Sekolah Muhammadiyah juga mempunyai peluang untuk memiliki Program Unggulan di masing-masing sekolah, sehingga dapat menarik minat masyarakat dan menjadi ciri khusus bagi sekolah Muhammadiyah. Banyaknya peserta didik yang berprestasi juga dapat meningkatkan daya saing sekolah Muhammadiyah dengan sekolah-sekolah yang lain.

Setiap sekolah Muhammadiyah harus bertujuan untuk mengembangkan peserta didik secara utuh mencakup aspek-aspek intelektual, personal dan sosial. Tujuan tersebut akan tercapai apabila sekolah tidak hanya mengandalkan pada proses belajar mengajar formal sebagaimana dituntut oleh kurikulum, akan tetapi sekolah harus memaksimalkan aspek hidden curriculum berupa contoh keteladanan bagi peserta didik sebagai suatu kekayaan pendidik yang amat berharga. Keteladanan yang baik harus dimiliki oleh seluruh guru dan tenaga kependidikan sehingga semakin menguatkan pendidikan yang holistik integratif bagi peserta didik di sekolah Muhammadiyah.

 

 

Disusun Oleh : Fifin Permata Sari

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
EMPAT KATA SEDERHANA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Islam sebagai rahmatan lil’aalamiin mengatur seluruh aspek kehidupan manusia dari aspek yang paling terkecil sekalipun. Persyarikatan Muhammadiyah yang memiliki pandangan mengenai

09/01/2023 09:54 WIB - Administrator
MONEV PP MUHAMMADIYAH DAN YAYASAN ASHOKA TERHADAP GERAKAN SEKOLAH DI SMA MUHAMMADYAH 7 YOGYAKARTA

Alhamdulillah, Terimakasih kami ucapkan kepada Bapak Khoirul Huda dari PP Muhammadiyah dan Ibu Amalia Hapsari dari Yayasan Ashoka yang bermunjung ke SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dalam

06/01/2023 18:12 WIB - Administrator
Diterima di Istana oleh Presiden Joko Widodo, Zidan dan Fadel Siswa SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Sampaikan Pesan Kebanggaan

Euforia bangsa Indonesia membuncah tatakala Timnas U-16 berhasil meraih juara pada ajang AFF U16 2022. Pada laga final yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Indonesia berhasi

23/08/2022 08:34 WIB - Administrator
PENGUMUMAN KELULUSAN KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Assalamu'alaikum wr. wb. Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpahan Rahmat dan hidayahNya kita masih diberikan kesehatan untuk menjalani kehidupan. Shalawat s

05/05/2022 07:53 WIB - Administrator
Ramadhan BERSAHABAT sebagai Spirit Menjaga Diri Demi kesucian Hati

 Marhaban Yaa Ramadhan… Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah telah tiba bertepatan dengan bulan April 2022 Masehi. Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang ditunggu-tungg

02/04/2022 14:14 WIB - Administrator
PENGUMUMAN PEMENANG ISLAMIC AND SPORT COMPETITION 2022

DAFTAR PEMENANG VIRTUAL ISLAMIC AND SPORT COMPETITION 2022 MILAD SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA KE-33 NO CABANG LOMBA JUARA NAMA PEMENANG ASAL SEKOLAH

16/02/2022 13:41 WIB - Administrator
Kembangkan Kelas Olahraga, SMA Mutu Jogja Jalin Kerjasama dengan UNY dan KONI Kota Yogyakarta

Selasa, 2 November 2021 menjadi langkah nyata bagi SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta (SMA Mutu) untuk mengembangkan Kelas Olahraga dengan mengunjungi UNY dan KONI Kota Yogyakarta. Kunjungan

06/11/2021 12:08 WIB - Administrator
MUTU COMPETITION 2021 PR IPM SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional IPM SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta ‼️ Proudly Present‼️ ✨MUTU COMPETITION✨ (Menumbuhkan Nila

13/10/2021 09:47 WIB - Administrator
Kreatif di Masa Pandemi, Guru SMA Mutu Jogja Raih Medali Perak Lomba Video Pembelajaran Tingkat Nasional

Satu lagi berita baik datang menghampiri SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, kali ini berasal dari salah satu Guru Kreatif di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Berita baik ini dikirim oleh Maje

01/10/2021 19:10 WIB - Administrator
Kolaborasi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY Lakukan Pembinaan Pendidikan Inklusi bersama SMA Mutu Jogja

Kamis, 23 September 2021 merupakan sebuah kehormatan bagi SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, pasalnya SMA Muhammadiyah 7 (Mutu Jogja) ditunjuk oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Dae

25/09/2021 13:55 WIB - Administrator