• SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA
  • Mutu Bersahabat

ISMUBA Sebagai Pembelajaran Holistik Integratif

Pembelajaran ISMUBA sebagai ciri khas sekolah Muhammadiyah menjadikan harapan bagi orangtua untuk mensekolahkan putra putrinya di sekolah Muhammadiyah. Harapan dengan banyaknya mata pelajaran ISMUBA di sekolah Muhammadiyah dirasa cukup untuk membekali para siswa memiliki keilmuan dan akhlak yang baik, menjadi tantangan tersendiri karena baik dan buruknya bukan berdasarkan banyaknya mata pelajaran yang sudah dipelajarinya, namun sejauh mana nilai-nilai Islam yang sudah diimplementasikan dalam kehidupan pribadi, keluarga, sekolah dan masyarakat.

Pembelajaran ISMUBA di sekolah Muhammadiyah merupakan pembelajaran yang transformatif, karena tidak saja memberikan bekal yang dapat diaplikasikan dalam berbagai kondisi melainkan juga harus mampu merubah diri pribadi dan masyarakatnya. Pembelajaran ISMUBA merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan agama dengan kehidupan nyata. Hal ini juga karena Pendidikan Muhammadiyah sejak awal didirikannya sudah menerapkan sistem dan praktik pendidikan holistik integratif yang menempatkan peserta didik sebagai subjek dan pusat dari proses pendidikan.

Pembelajaran holistik menekankan keutuhan pada diri peserta didik dan berasumsi bahwa setiap peserta didik memiliki potensi untuk berkembang. Pembelajaran holistik akan senantiasa mengembangkan hubungan antara peserta didik dengan lingkungannya. Pendidikan holistik integratif merupakan pendidikan yang mengintegrasikan segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan seperti moral, etis, religius, psikologis, filosofis dan sosial dalam kesatuan yang dilakukan secara menyeluruh antara jiwa dan badan. Pendidikan holistik integratif mencakup sistem dan praktik pendidikan yang selama ini juga dikembangkan dalam pendidikan Muhammadiyah, antara lain: 1) Keutuhan antara teori dan praktik; 2) Keutuhan dalam tujuan dan materi pembelajaran; 3) Keutuhan antara pendidikan formal dan non formal; 4) Kesatuan di antara berbagai pusat pendidikan (sekolah, keluarga, masyarakat dan masjid).

Peserta didik harus belajar utuh yaitu belajar ilmu agama dan ilmu umum, sehingga pendidikan Muhammadiyah melahirkan ulama-intelek dan intelek-ulama. Proses pendidikan juga merupakan perpaduan antara teori dan praktik dengan semboyan ilmu amaliah dan amal ilmiah yang maknanya bahwa pembelajaran teori harus dipadukan dengan praktik (realitas), sedangkan praktik harus senantiasa mendasarkan pada teori. Kegiatan pembelajaran juga dikembangkan dengan mengacu pada keutuhan dalam tujuan dan materi pembelajaran. Begitu juga dengan pendidikan formal dan non formal serta antara pendidikan di sekolah, keluarga, masyarakat dan masjid harus sejalan agar siswa Muhammadiyah memiliki keilmuan yang mumpuni dan akhlak yang baik.

Pendidikan Muhammadiyah mempunyai kultur pendidikan yang merupakan bentuk dari pendidikan holistik integratif yaitu: 1) Lingkungan pendidikan (Iman, Ilmu dan Amal); 2) Kurikulum (Ulama-Intelek, Intelek-Ulama; Ilmu-Amaliah, Amal-Ilmiah); 3) Etos Kerja (Siapa Menanam Mengetam); 4) Organisasi Penyelenggaraan (Mandiri dan Hidup-hidupilah Muhammadiyah, Jangan Mencari Hidup di Muhammadiyah). 

Pendidikan Muhammadiyah juga sebagai wahana penguatan ideologi dan kaderisasi Muhammadiyah. Upaya penguatan ideologi dan kaderisasi Muhammadiyah melalui proses pembelajaran ISMUBA dengan pendekatan kreatif, inovatif, menyenangkan,  dan  mencerahkan,  contextual teaching and learning. Di samping itu juga dilakukan penguatan internalisasi melalui ortom IPM, Tapak Suci, dan Hizbul Wathan.

ISMUBA sebagai Pembelajaran Holistik Integratif yaitu: Pertama, Kurikulum di Sekolah Muhammadiyah terdiri dari Kurikulum Nasional dan Mata Pelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab. Dengan begitu, sekolah Muhammadiyah memadukan antara ilmu umum dengan ilmu agama. Kedua, Ciri khas yang dimiliki sekolah Muhammadiyah adalah sebagai lembaga perkaderan yang mampu mencetak peserta didik menjadi kader persyarikatan, kader umat dan kader bangsa. Sekolah Muhammadiyah menekankan pada aspek pendidikan dari pada pengajaran. Sekolah Muhammadiyah sangat memperhatikan akhlak dan kepribadian peserta didik. Hal ini menjadi nilai plus bagi pendidikan di Sekolah Muhammadiyah itu sendiri. Ketiga, Sekolah Muhammadiyah dikenal dengan sekolah modern dalam hal manajemen sekolah yang disesuaikan dengan dinamika zaman. Sekolah Muhammadiyah sudah berdiri jauh sebelum kemerdekaan Indonesia, maka tidak mengherankan apabila saat ini banyak sekolah Muhammadiyah tersebar di seluruh Nusantara. Perkembangan yang luar biasa secara kuantitas baik sekolah, madrasah, pondok pesantren maupun perguruan tinggi menjadi kekuatan tersendiri bagi Muhammadiyah. Bahkan, Amal Usaha Muhammadiyah khususnya di bidang pendidikan secara kuantitas lebih banyak dari pada Organisasi/Lembaga Swasta yang lain.

Peluang yang dapat dikembangkan oleh sekolah Muhammadiyah yaitu memiliki sumber usaha sendiri sehingga terwujud sekolah yang mandiri melalui kewirausahaan dan bisnis. Sekolah Muhammadiyah juga mempunyai peluang untuk memiliki Program Unggulan di masing-masing sekolah, sehingga dapat menarik minat masyarakat dan menjadi ciri khusus bagi sekolah Muhammadiyah. Banyaknya peserta didik yang berprestasi juga dapat meningkatkan daya saing sekolah Muhammadiyah dengan sekolah-sekolah yang lain.

Setiap sekolah Muhammadiyah harus bertujuan untuk mengembangkan peserta didik secara utuh mencakup aspek-aspek intelektual, personal dan sosial. Tujuan tersebut akan tercapai apabila sekolah tidak hanya mengandalkan pada proses belajar mengajar formal sebagaimana dituntut oleh kurikulum, akan tetapi sekolah harus memaksimalkan aspek hidden curriculum berupa contoh keteladanan bagi peserta didik sebagai suatu kekayaan pendidik yang amat berharga. Keteladanan yang baik harus dimiliki oleh seluruh guru dan tenaga kependidikan sehingga semakin menguatkan pendidikan yang holistik integratif bagi peserta didik di sekolah Muhammadiyah.

 

 

Disusun Oleh : Fifin Permata Sari

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENGUMUMAN KELULUSAN KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2024/2025

SURAT KEPUTUSANKEPALA SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTANomor : 621/III.4.AU.307/2025 Tentang KELULUSAN PESERTA DIDIK KELAS XIISMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTATAHUN PELAJARAN 2024/2025 Menim

05/05/2025 08:47 WIB - Administrator
SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA ADAKAN SYAWALAN

Sawalan Keluarga Besar SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta diselenggarakan pada hari Selasa 8 April 2025 bertempat di restoran Parangtritis. Sawalan keluaga besar GTK ini diselenggarakan sec

10/04/2025 12:55 WIB - Administrator
SMA MUTU GELAR TURNAMEN BOLA VOLI ANTAR SMP

Sabtu, 11 Januari 2025 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta gelar Turnanen Bola Voli antar SMP Mts Se Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Multi Guna Siti Chodij

12/01/2025 08:54 WIB - Administrator
PENUTUPAN TURNAMEN SEPAK BOLA ANTAR SMP SE DIY DALAM RANGKA MILAD SMA MUTU YOGYA

Sabtu, 11 Januari 2025 acara penutupan Turnamen Sepak Bola antar SMP/Mts se DI Yogyakarta dalam rangka Milad SMA Muhammadiyah 7 ke 36 di lapangan UMY. Turnamen sepak bola ini dilaksana

11/01/2025 18:34 WIB - Administrator
SMA MUTU GELAR TURNAMEN SEPAKBOLA

Senin (6 Januari 2025) SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta menggelar Turnamen Sepak Bola dalam rangka Milad ke 36. Pertandingan tahun ini diikuti oleh 16 Tim dari SMP dan Mts se Daerah Istim

06/01/2025 14:15 WIB - Administrator
STUDI TIRU SD MUH METRO PUSAT LAMPUNG

Sabtu (21 des 2024) SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta kedatangan tamu dari SD Muh Metro Pusat Lampung. Sambutan hangat oleh Darmsnsyah berserta seluruh Tim Manajemen dan Pengelola KKO (Kel

21/12/2024 22:14 WIB - Administrator
YUDISTIRA BERPRESTASI PADA CABANG SEPATU RODA

Yudistira panggilan akrabnya merupakan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.Yudistira mulai menggeluti permainan sepatu roda ini sejak kelas 3 SD. Ketertarikan nya padacabang ola

09/11/2024 18:07 WIB - Administrator
PENILAIAN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA

Jumat, 25 Oktober 2024 telah diadakan Penilaian Pendidikan Berbasis Budaya (PBB) di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penilaian dilakukan oleh Titien Nur Rachmawati dari Balai Dikmen Kota

26/10/2024 10:29 WIB - Administrator
SMA MUTU JUARA 3 LKTI TINGKAT NASIONAL

Universitas Siber Muhammadiyah menyelenggarakan Lomba LKTI tingkat Nasional. Pada kesempatan ini SMA Muh 7 Yogyakarta berhasil mendapatkan Juara 3. Prestasi tersebut diraih oleh Raiha

25/10/2024 19:58 WIB - Administrator
Dafa Successfully passed the selection process to strengthen the DIY Sand Volleyball Team at the PON 2024

One of the students of SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, Dafa Prita Dewi, Successfully passed the selection process to strengthen the DIY Sand Volleyball Team at the PON 2024 Aceh-North Su

19/09/2024 08:22 WIB - Administrator